U R Visitor Number...

Monday, August 24, 2009

Kebudayaan yang Jadi Rebutan

Lagi, budaya kita, Indonesia tercinta, diaku2in ama negara tetangga yang kayaknya dari dulu nyari ribut ama kita, malesia.

Setelah batik, reog ponorogo, ama angklung, sekarang gilirannya Tari Pendet.
Yak benar, TARI PENDET, sodara sodara.

http://emo.huhiho.com

Tari pendet khas-nya Bali ternyata diklaim ama malesia yang katanya punya mereka.
Idih. Nggak tau malu amat kali yah. Udah jelas2 tari pendet tuh lahir, tumbuh, berkembang di Bali, di Indonesia. Eeeh, ini ujuk-ujuk ngaku-ngaku punya dia. Gimana kali.
Tadi pagi pas abis saur, gue liat di tipi, di siaran berita gitu, diliput remaja2 bali yang lagi latihan nari pendet. Rajin bener gitu kayaknya. Mereka udah latihan dari SD, jadi udah canggih banget gitu. Lirikkan matanya maut, jarinya juga lentik2 banget. Terus salah satu dari mereka bilang kurang lebih begini :
“Tari Pendet kan punya Indonesia, nenek moyang kita udah susah payah bikin sama melestarikan. Harusnya mereka nggak boleh asal ngambil gitu dong”
BENAR SEKALI.
Gue jadi mikir, emangnya malesia saking nggak punya kebudayaan sendiri, yah? Sampe nyolong2 punya negara orang? Heran ih.

Waktu itu, dengan penuh kepedean, malesia bilang kalo batik itu kain KHAS MILIK MEREKA. Angklung juga jadi musik tradisional MILIK MEREKA. Nggak tanggung2, reog ponorogo (yang dari namanya aja udah PONOROGO, emang di malesia ada daerah yang namanya ponorogo?) ikut2an disambit juga.

Kemaren, mbak Manohara tenar mendadak gara2 disiksa suaminya, Raja Klantan yang namanya Tengku Fahri (eh, bener ga nih?). Mbak Mano berhasil kabur dan pulang dengan selamat sentosa ke kampung halaman dan dapat bersua kembali dengan ibunda tercinta.
Abis itu, langsung deh dibikin sinetron. Terus, semua yang dipake sama mbak Mano, kayak casing blackberry bling-bling, kaos print-an potonya mbak Mano, mukena, tas gede + kacamata jengkol ikutan booming.
Wih, dahsyat amat efek yang ditimbulkan sama mbak Mano. Asik kali yah, mukanya nampang di kaos2 gitu. Pengen juga gue jadinya. Huhahuha.

Dan ketenaran Mbak Mano berawal dari suaminya yang menyiksa dengan kejam. Kalo suaminya nggak nyiksa, terus mbak Mano nggak kabur, balik ke Indo, mbak Mano mungkin aja nggak seterkenal sekarang. http://emo.huhiho.com

Orang yang bikin mbak Mano kabur kan, Raja Klantan, orang malesia juga.
Malesia lagi, malesia lagi.

Wah, makin lama, blog gue jadi infotainment nih.

Oh iya. Ada lagi!

Seinget gue, jaman pemerintahan ibu megawati, pulau sipadan ama ligitan terpaksa lepas dari Indonesia, gara2 malesia ngotot. Ngotot apa? Tentu aja ngotot hak milik.
(eh, bener kan yah? Serada lupa sih gue, kan kejadiannya udah lama ginong. Remind me kalo ada yang melenceng yah).
Hmm.
Kayaknya indo-malay sering banget cek-cok masalah kepemilikan. Mengapa oh mengapa. Rebut sana rebut sini. Biar apa kali. Kalo kata nida mah, ngajak bribin. Hahaha.

Berarti kita harus makin jaga2 nih, ntar lama-lama debus juga ikutan diakuin. Hehehe.


Warning : Mohon maap banget kalo misalnya ada yang ga berkenan dihati pemirsa sekalian. Karena tulisan diatas murni curahan hati. Cuma lagi kesel aja ama tukang colong.
Sekali lagi, maaf yaaah!!!

Pis Lop en Gaul. http://emo.huhiho.com

0 Comments:

Post a Comment